ANALISIS SWOT
Kekuatan
• Lokasi PT. Berlina Tbk yang yang cukup strategis. Karena berada di kawasan industrisehingga transportasi untuk memenuhi bahan baku cukup lancar. Selain itu lokasi ini berdasarkan pertimbangan untuk menjamin eksistensi perusahaan yang ditinjau dari beberapa faktor yaitu faktor tenaga kerja, faktor transportasi, faktor lingkungan, faktor tenaga listrik, air, dan pengaruh sosial.
• Daerah pemasaran PT Berlina Tbk tidak terbatas pada pasar domestic tetapi juga pasar luar negeri karena target pasarnya adalah perusahaan multinasional dan perusahaan nasional.
• PT Berlina Tbk sangat memperhatikan kesejahteraan karyawan. Karena karyawan akan bekerja dengan baik dan akan mempengaruhi produktivitas apabila didukung oleh lingkungan kerja yang baik.
• Mesin dan peralatan yang tersertifikasi. Dimana sebagian besar merupakan buatan luar negeri dan secara umum kondisinya sangat baik karena kualitas dari setiap mesin melewati pemeriksaan (quality inspection) disetiap tahap mesin.
• Laporan Produksi Harian yang Online (Online Daily Production Report-DPR) dan Proses Efisiensi: mesin, bahan baku, produk Blow Moulding dan Proses Mould Maker yang terkomputerisasi. Sistem piranti lunak untuk Akuntansi dan Pabrikasi yang terintegrasi untuk mengoptimalisasi proses usaha dari bagian pembelian dan penjualan ke bagian produksi dan keuangan akuntansi.
Kelemahan
• Dalam proses produksi di PT Berlina Tbk masih mendatangkan sebagian besar bahan baku dari luar negeri.
• Harga yang diberikan PT Berlina Tbk terhadap harga produknya masih tergantung dari kebijakan perusahaan.
• Kebijakan rekrutmen hanya menggunakan sistem merit. Dimana sistem ini mendasarkan pada kehlian dari calon rekrutmen.
• PT Berlina Tbk hanya melakukan penjualan produk berdasarkan pesanan dari pihak customers.
Kesempatan
• Peningkatan pertumbuhan penduduk dari tahun ke tahun selalu diikuti dengan meningkatnya permintaan akan sebuah produk barang mapun jasa tanpa terkecuali plastik.
• Perkembangan teknologi. Perkembangan dunia teknologi informasi telah menjadikan suatu bentuk daya saing pasar ekonomi.
• Meningkatnya kebutuhan alat-alat rumah tangga yang semakin meningkat akibat perkembangan ekonomi sehingga perusahaan perlu meningkatkan jumlah produksi akan plastik.
Ancaman
• Kondisi politik dalam beberapa tahun terakhir sangat mempengaruhi para investor untuk menanamkan modalnya.
• Kebijakan pemerintah yang telah dikeluarkan sanagt besar pengaruhnya bagi dunia usaha.
• Terdapat banyak pesaing. PT Berlina Tbk memiliki pesaing pada usaha bisnis yang sama.
Strategi SO :
Menggunakan mesin-mesin berteknologi tinggi.
Meningkatkan quota produksi secara bertahap untuk memenuhi permintaan pasar.
Strategi WO :
Melakukan inovasi produk
Mencari bahan baku dari dalam negeri yang lebih murah dan berkualitas.
Strategi ST :
Mengutamakan pelayanan dan kepuasan para pelanggan
Strategi WT :
bekerja sama dengan perusahaan multinasional dan perusahaan nasional sebagai customer tetap
2. Strategi yang direkomendasikan
2.1 Strategi alternatif
Membangun mitra bisnis dengan perusahaan multinasional.
Melakukan Kemajuan di bidang teknologi agar menjadi semakin lebih efektif dan efisien dalam proses proses produksi..
Memilih lokasi perusahaan yang strategis.
Menggunakan sistem yang terkomputerisasi dalam kegiatan produksi.
Melakukan inovasi produk-produk baru
2.2 Rekomendasi strategi
Lokasi PT Berlina Tbk sukup strategis karena berada di daerah industri sehingga transportasi untuk memnuhi bahan baku cukup lancar. Selain itu lokasi ini dipilih berdasarkan beberapa pertimbangan untuk menjamin eksistensi perusahaan. Hal ini dapat ditinjau dari bebrapa faktor antara lain:
Faktor tenaga kerja, faktor transportasi, faktor lingkungan, faktor tenaga listrik, faktor air, dan pengaruh sosial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar