Jumat, 21 Januari 2011

Kupang Lontong Sidoarjo


kupang
Memang popularitas makanan daerah yang satu ini tidak sepopuler rawon, soto, gudeg Jogja, nasi liwet Solo dsb. Namun sangat terkenal di kalangan masyarakat Jawa Timur, khususnya di daerah Sidoarjo dan sekitarnya.

Kupang adalah sejenis kerang laut yang berukuran sangat kecil. Kupang yang digunakan dalam makanan ini berwarna putih kekuning-kuningan yang biasanya disebut kupang beras. Sesuai dengan namanya, ia disajikan dengan potongan2 lontong dan diberi kuah air rebusan kupang. Sebelum disajikan di atas piring digerus gula merah, bawang putih, petis udang, dan cabai (sesuai request konsumen) lalu diberi sedikit perasan jeruk, sedangkan kupangnya direbus dengan daun bawang dan bawang putih.

Menyantap kupang tidak lengkap bila tidak disandingkan dengan sate kerang. Kerang yang disate ini tentunya berukuran lebih besar dibandingkan dengan kupang tersebut. Biasanya pedagang kupang menyediakan sate kerang seporsinya sekitar sepuluh tusuk
sate kerang

Selain sate kerang, ada minuman yang boleh dibilang hampir wajib diminum oleh penyantap kupan: ES DEGAN a.k.a es kelapa muda. Minuman yang satu ini juga dijual oleh pedagang kupang dan konsumen kupang meminumnya sebagai penawar racun yang kemungkinan masih ada di dalam kupang tersebut.
es degan

Warung-warung kupang biasanya banyak tersebar di jalan2 di kabupaten Sidoarjo, biasanya di jalan yang menuju Malang atau Mojokerto dari arah Surabaya. Untuk mendapatkannya di Sidoarjo terdapat Bursa Kupang Sidoarjo yang terletak di Jalan Raya Waru – Sidoarjo; jika anda berjalan dari arah pusat kota Sidoarjo ke arah Surabaya, letaknya di sebelah kiri jalan setelah fly over tepatnya di daerah Buduran . Bursa kupang ini mirip dengan pusat jajanan, namun semua pedagangnya adalah pedagang kupang. Jika di Surabaya bisa didapatkan di Pantai Ria Kenjeran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar