Minggu, 20 Mei 2012

ANALISIS SWOT SPLENDID INN HOTEL

ANALISIS SWOT

Kekuatan
•    Lokasi Splendid Inn Hotel sangat strategis. Splendid Inn Hotel terletak di jalan Mojopahit 2-4 Malang yang dapat dikatakan amat strategis karena masih tergolong berada di pusat kota dengan lingkungan masih tergolong berada di pusat kota dengan lingkugan yang tidak terlalu bising dan cukup sejuk untuk dipakai sebagai tempat beristirahat.
•    Menggunakan sistem permodalan Auto Financing. Hotel Splendid Inn membiayai sendiri seluruh aktifitasnya atau tidak menggunakan jasa kreditur karena keuangan perusahaan masih mampu memenuhi seluruh pembiayaan perusahaan.
•    Modernisasi teknologi di perhotelan. Hotel splendid inn juga menyesuaikan diri dengan menambah fasilitas produksinya dengan peralatan yang lebih modern dan lebih praktis.
•    Kultur organisasi adalah kekeluargaan. Dimana setiap pengambilan keputusan didasarkan atas kesepakatan keluarga.

Kelemahan
•    Sarana promosi hanya advertising. Yaitu berupa papan nama hotel yang terpasang didepan hotel dan selain itu ada juga brosur hotel yang jumlahnya terbatas, dan melalui yellow page yang ada pada buku petunjuk telepon.
•    Segmen pasar dari tingkat menengah kebawah. Hotel Splendid Inn hanya menjangkau tamu yang sebagaian besar (75%) terdiri dari tamu asing dengan tujuan pesiar.
•    Belum mampu menarik customer secara optimal. Meskipun splendid inn memiliki berbagai kelebihan untuk mendapatkan bagian potensi pasar yang lebih baik dari pangsa pasar yang ada.

Kesempatan
•    Faktor sosial yang mendukung. Masyarakat kota malang mempunyai latar belakang pendidikan yang cukup maju sehingga dapat menunjang pesatnya sektor pariwisata khususnya dalam hal menarik turis ke kota malang.
•    Keadaan politik indonesia yang stabil. Indonesia menjadi alternatif pilihan tujuan wisata para turis asing karena indonesia mempunyai kestabilan politik yang memadai disamping kekayaan alam dan budaya yang dimiliki.
•    Pengembangan pegawai melalui training. Untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan, maka hotel Splendid Inn malang telah banyak mengadakan training sehingga menampakkan hasil yang positif dengan bertamabahnya keterampilan dalam bidangnya masing-masing.
•    Sarana obyek wisata yang beraneka ragam. Di malang dan sekitarnya memiliki lokasi wisata alam maupun buatan yang menjadi daya tarik wisata bagi para wisatawan lokal maupun asing sehingga semakin banyak yang menggunakan akomodasi perhotelan.

Ancaman
•    Perubahan kebijaksanaan pemerintah. Kabijakan dari pemerintah sangat terasa pengaruhnya bagi dunia perhotelan, seperti tindakan devaluasi terhadap nilai mata uang rupiah akan mempengaruhi tingkat konsumsi konsumen yang akan menginap di hotel.
•    Splendid Inn Hotel memiliki banyak pesaing. Dimana di kota malang yang dianggap sebagai pesaing oleh Hotel Splendid Inn adalah hotel montana, Hotel pelangi, dan Hotel Margosuko.
•    Sebagian besar wisatawan tidak menggunakan sarana akomodasi berupa hotel. Berdasarkan data dari biro pusat statistik di malang menunjukkan 60% wisatawan tidak menggunakan sarana akomodasi.

2.    Strategi yang direkomendasikan
2.1    Strategi alternatif
  • Menjalin kerjasama dengan pihak-pihak travel maupun dinas periwisata.
  • Melakukan pengembangan, manambah fasilitas, dan perbaikan hotel.
  • Memilih lokasi yang strategis.
  • Melakukan promosi secara lebih giat dan kreatif untuk menarik minat konsumen.
  • Memberkan pelayanan dan kepuasan kepada tamu hotel.

2.2    Rekomendasi strategi
lokasi  splendid inn hotel terletak di jalan mojopahit 2-4 malang. Dapat dikatakan amat strategis karena masih tergolong berada di pusat kota dengan lingkungan yang tidak terlalu bising dan cukup sejuk untuk dipakai sebagai tempat untuk istirahat. Lokasi ini sangat menguntungkan karena pertimbangan transportasi, pertimbangan tenaga kerja, pertimbangan iklim, dan pertimbangan fasilitas lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar