untuk materi swot PT semen gresik silahkan download disini
untuk materi matrik kompetitif PT semen gresik, silahkan download disini
Rabu, 23 Mei 2012
Minggu, 20 Mei 2012
Program Pengembangan Manajemen
Management Development Program (Program Pengembangan Manajemen).
Manajer, seperti karyawan lainnya juga harus dilatih. Sebagian besar metode bisa diterapka pada mereka. Namun pelatihan bagi manajer seringkali berbeda, karena cenderung lebih berorientasi ke masa depan. Juga cenderung lebih rumit, seperti tindakan pesaing, tuntutan serikat pekerja, nilai tukar mata uang asing.
Pengertian Pengembangan Manajemen
Pengertian Pengembangan manajemenn menurut gery dessler (2003:236) adalah usaha untuk meningkatkan prestasi manajemen dengan menanamkan pengetahuan, perubahan perilaku, atau peningkatan keterampilan. Tentu saja sasaran akhirnya adalah untuk menguatkan prestasi perusahaan itu dimasa depan. Proses pengembangan manajemen terdiri dari (1) menilai kebutuhan strategis perusahaan (misalnya, untuk mengisi lowongan eksekutif mendatang, atau untuk mendorong sifat kompetitif), (2) menilai prestasi manajer, dan kemudian (3) mengembangkan manajer (dan calon manajer).
Beberapa program pengembangan diterapkan pada seluruh perusahaan dan melibatkan semua atau sebagian besar manajer baru (atau calon manajer). Jadi, para MBA baru bisa bergabung dengan program pengembangan manajemen ford dan dirotasi melaluiberagam penugasan dan pengalaman pendidikan, dengan sassaran ganda untuk mengetahui potensi manajemen mereka dan memeberikan pengalaman yang luas (misalnya, dalam produksi dan keuangan). Kemudian perusahaan bisa memasukkancalon terbaik ke dalam “ jalur capat”, sebuah program pengembangan yang menyiapkan mereka dengan lebih cepat untuk masuk ke tingkat senior
Metode Baru Pengembangan Kepemimpinan
saat ini telah ada pilihan metode pengembanganmanajemen yang lebih relevan dan efektif secara organisasi daripada sebelumnya, hal ini muncul karena efek samping dari tekanan kompetitif global. Contohnya saat ini terdapat penekanan yang lebih besar dalam klarifikasi tujuan bisnis program pengembangandan hasil yang diinginkan, mengaitkan program ini dengan misi perusahaan, melibatkan kelompok manajemen puncak, lebih fokus pada kompetensi dan pengetahuan tertentu yang lebih kongkrit, dari pada sekedar perilaku, dan menambahkan metode pengembangan tradisional (seperti pengajaran, kelompok-kelompok diskusi, dan simulasi) dengan metode yang lebih realistis seperti proyek pembelajaran tindakan.
On The Job Training Manajerial
On the job training tidak hanya digunakan untuk karyawan non-manajerial. Metode pelatihan on the job training manajerial meliputi rotasi pekerjaan, pendekatan belajar sambi dibimbing, dan pembelajaran action learning (belajar beraksi).
Rotasi pekerjaan berarti memindahkan calon manajemen (management trainee) dari departemen yang satu ke departemen yang lainnya untuk memperluas pemahaman mereka terhadap semua departemen dan untuk menguji kemampuan mereka.
Ada beberapa cara untuk meningkatkan keberhasilan program rotasi. Program ini hars dibuat spesifik untuk kebutuhan, minat, dan kemampuan orang yang dilatih tersebut, dan bukan merupakan rangkaian standar yang dijalankan oleh semua orang yang dilatih. Kecepatan orang itu belajar menentukan lamanya wawktu orang itu tinggal dalam sebuah pekerjaan.
Pendekatan belajar sambil dibimbing disini orang yang dilatih bekerja secara langsung dengan seorang manajer senior atau dengan dengan orang yang dogantikannya. Orang yang akan digantikan ini bertanggung jawab untuk membimbing orang yang dilatih itu. Secara perlahan, sambil belajar manajer senior akan melepaskan tanggung jawabnya kepada calon penggantinya. Ccara ini memberikan kesempatan kepada orang yang dilatih untuk mempelajari pekerjaan itu.
Action learning program belajar beraksi memberikan kebebasan waktu kepada para menajer dan yang lainnya untuk bekerja penuh pakan bertemu secara periodikada proyek-proyek, menganalisis dan memecahkan permasalahan di departemen selain departemennya sendiri. Orang-orang yang dilatih akan bertemu secara periodik dalam kelompok empat atau lima orang untuk membahas temuan mereka. Beberapa orang yang dilatih bisa bekerja sama dalam satu kelompok proyek, atau membandingkan catatan dan mendiskusikan proyeknya masing-masing.
Pelatihan Di Luar Pekerjaan Dan Teknik Pengembangan
Juga terdapat banyak teknik pelatihan di luar pekerjaan untuk melatih dan mengembangkan manajer.
Metode Studi Kasus seperti yang telah diketahui banyak orang, metode studi kasus memberikan deskripsi tertulis kepada orang yang dilatih tentang masalah organisasi. Kemudia orang itu menganalisis kasus tersebut, memeriksa masalahnya, dan menyajikan temuan dan solusinya dalam sebuah diskusi dengan teman yang sedang dilatih.
Permaianan Manajemen dengan permainan manajemen bisa menjadi alat pengembangan yang baik. Belajar yang paling baik adalah dengan melibatkan diri, dan permaianan ini membutuhkan keterlibatan dari pesertanya. Pelatihan ini membantu orang yang dilatih untuk mengembangkan keterampilan dalam pemecahan masalah, seperti perhatian yang diberikan pada perencanaan melebihi daripada penyelesian masalah. Biasanya kelompok tersebut juga memilih sendiri anggotanya dan mengatur mereka sendiri. Jadi mereka dapat mengembangkan ketermapilan kepemimpinan dan memupuk kerja sama dan kerja kelompok.
Seminar Di Luar banyak perusahaan dan universitas yang menawarkan seminar dan konferensi pengembangan manajemen dengan menggunakan Web.
Lembaga Perguruan Tinggi Dan Pusat Pengembangan Dalam Perusahaan pusat pengembangan dalam perusahaan tidak perlu menghasilkan semua (atau sebagian besar) program pelatihan dan pengembangan. Sekarang semakin banyak pengusaha yang berkolaborasi dengan institusi akademis, penyedia program pelatihan dan penembangan, dan portal pendidikan berbasis Web untuk menciptakan paket-paket program dan bahan yang tepat untuk kebutuhan para karyawannya.
Manajer, seperti karyawan lainnya juga harus dilatih. Sebagian besar metode bisa diterapka pada mereka. Namun pelatihan bagi manajer seringkali berbeda, karena cenderung lebih berorientasi ke masa depan. Juga cenderung lebih rumit, seperti tindakan pesaing, tuntutan serikat pekerja, nilai tukar mata uang asing.
Pengertian Pengembangan Manajemen
Pengertian Pengembangan manajemenn menurut gery dessler (2003:236) adalah usaha untuk meningkatkan prestasi manajemen dengan menanamkan pengetahuan, perubahan perilaku, atau peningkatan keterampilan. Tentu saja sasaran akhirnya adalah untuk menguatkan prestasi perusahaan itu dimasa depan. Proses pengembangan manajemen terdiri dari (1) menilai kebutuhan strategis perusahaan (misalnya, untuk mengisi lowongan eksekutif mendatang, atau untuk mendorong sifat kompetitif), (2) menilai prestasi manajer, dan kemudian (3) mengembangkan manajer (dan calon manajer).
Beberapa program pengembangan diterapkan pada seluruh perusahaan dan melibatkan semua atau sebagian besar manajer baru (atau calon manajer). Jadi, para MBA baru bisa bergabung dengan program pengembangan manajemen ford dan dirotasi melaluiberagam penugasan dan pengalaman pendidikan, dengan sassaran ganda untuk mengetahui potensi manajemen mereka dan memeberikan pengalaman yang luas (misalnya, dalam produksi dan keuangan). Kemudian perusahaan bisa memasukkancalon terbaik ke dalam “ jalur capat”, sebuah program pengembangan yang menyiapkan mereka dengan lebih cepat untuk masuk ke tingkat senior
Metode Baru Pengembangan Kepemimpinan
saat ini telah ada pilihan metode pengembanganmanajemen yang lebih relevan dan efektif secara organisasi daripada sebelumnya, hal ini muncul karena efek samping dari tekanan kompetitif global. Contohnya saat ini terdapat penekanan yang lebih besar dalam klarifikasi tujuan bisnis program pengembangandan hasil yang diinginkan, mengaitkan program ini dengan misi perusahaan, melibatkan kelompok manajemen puncak, lebih fokus pada kompetensi dan pengetahuan tertentu yang lebih kongkrit, dari pada sekedar perilaku, dan menambahkan metode pengembangan tradisional (seperti pengajaran, kelompok-kelompok diskusi, dan simulasi) dengan metode yang lebih realistis seperti proyek pembelajaran tindakan.
On The Job Training Manajerial
On the job training tidak hanya digunakan untuk karyawan non-manajerial. Metode pelatihan on the job training manajerial meliputi rotasi pekerjaan, pendekatan belajar sambi dibimbing, dan pembelajaran action learning (belajar beraksi).
Rotasi pekerjaan berarti memindahkan calon manajemen (management trainee) dari departemen yang satu ke departemen yang lainnya untuk memperluas pemahaman mereka terhadap semua departemen dan untuk menguji kemampuan mereka.
Ada beberapa cara untuk meningkatkan keberhasilan program rotasi. Program ini hars dibuat spesifik untuk kebutuhan, minat, dan kemampuan orang yang dilatih tersebut, dan bukan merupakan rangkaian standar yang dijalankan oleh semua orang yang dilatih. Kecepatan orang itu belajar menentukan lamanya wawktu orang itu tinggal dalam sebuah pekerjaan.
Pendekatan belajar sambil dibimbing disini orang yang dilatih bekerja secara langsung dengan seorang manajer senior atau dengan dengan orang yang dogantikannya. Orang yang akan digantikan ini bertanggung jawab untuk membimbing orang yang dilatih itu. Secara perlahan, sambil belajar manajer senior akan melepaskan tanggung jawabnya kepada calon penggantinya. Ccara ini memberikan kesempatan kepada orang yang dilatih untuk mempelajari pekerjaan itu.
Action learning program belajar beraksi memberikan kebebasan waktu kepada para menajer dan yang lainnya untuk bekerja penuh pakan bertemu secara periodikada proyek-proyek, menganalisis dan memecahkan permasalahan di departemen selain departemennya sendiri. Orang-orang yang dilatih akan bertemu secara periodik dalam kelompok empat atau lima orang untuk membahas temuan mereka. Beberapa orang yang dilatih bisa bekerja sama dalam satu kelompok proyek, atau membandingkan catatan dan mendiskusikan proyeknya masing-masing.
Pelatihan Di Luar Pekerjaan Dan Teknik Pengembangan
Juga terdapat banyak teknik pelatihan di luar pekerjaan untuk melatih dan mengembangkan manajer.
Metode Studi Kasus seperti yang telah diketahui banyak orang, metode studi kasus memberikan deskripsi tertulis kepada orang yang dilatih tentang masalah organisasi. Kemudia orang itu menganalisis kasus tersebut, memeriksa masalahnya, dan menyajikan temuan dan solusinya dalam sebuah diskusi dengan teman yang sedang dilatih.
Permaianan Manajemen dengan permainan manajemen bisa menjadi alat pengembangan yang baik. Belajar yang paling baik adalah dengan melibatkan diri, dan permaianan ini membutuhkan keterlibatan dari pesertanya. Pelatihan ini membantu orang yang dilatih untuk mengembangkan keterampilan dalam pemecahan masalah, seperti perhatian yang diberikan pada perencanaan melebihi daripada penyelesian masalah. Biasanya kelompok tersebut juga memilih sendiri anggotanya dan mengatur mereka sendiri. Jadi mereka dapat mengembangkan ketermapilan kepemimpinan dan memupuk kerja sama dan kerja kelompok.
Seminar Di Luar banyak perusahaan dan universitas yang menawarkan seminar dan konferensi pengembangan manajemen dengan menggunakan Web.
Lembaga Perguruan Tinggi Dan Pusat Pengembangan Dalam Perusahaan pusat pengembangan dalam perusahaan tidak perlu menghasilkan semua (atau sebagian besar) program pelatihan dan pengembangan. Sekarang semakin banyak pengusaha yang berkolaborasi dengan institusi akademis, penyedia program pelatihan dan penembangan, dan portal pendidikan berbasis Web untuk menciptakan paket-paket program dan bahan yang tepat untuk kebutuhan para karyawannya.
ANALISIS SWOT PT. BERLINA Tbk
ANALISIS SWOT
Kekuatan
• Lokasi PT. Berlina Tbk yang yang cukup strategis. Karena berada di kawasan industrisehingga transportasi untuk memenuhi bahan baku cukup lancar. Selain itu lokasi ini berdasarkan pertimbangan untuk menjamin eksistensi perusahaan yang ditinjau dari beberapa faktor yaitu faktor tenaga kerja, faktor transportasi, faktor lingkungan, faktor tenaga listrik, air, dan pengaruh sosial.
• Daerah pemasaran PT Berlina Tbk tidak terbatas pada pasar domestic tetapi juga pasar luar negeri karena target pasarnya adalah perusahaan multinasional dan perusahaan nasional.
• PT Berlina Tbk sangat memperhatikan kesejahteraan karyawan. Karena karyawan akan bekerja dengan baik dan akan mempengaruhi produktivitas apabila didukung oleh lingkungan kerja yang baik.
• Mesin dan peralatan yang tersertifikasi. Dimana sebagian besar merupakan buatan luar negeri dan secara umum kondisinya sangat baik karena kualitas dari setiap mesin melewati pemeriksaan (quality inspection) disetiap tahap mesin.
• Laporan Produksi Harian yang Online (Online Daily Production Report-DPR) dan Proses Efisiensi: mesin, bahan baku, produk Blow Moulding dan Proses Mould Maker yang terkomputerisasi. Sistem piranti lunak untuk Akuntansi dan Pabrikasi yang terintegrasi untuk mengoptimalisasi proses usaha dari bagian pembelian dan penjualan ke bagian produksi dan keuangan akuntansi.
Kelemahan
• Dalam proses produksi di PT Berlina Tbk masih mendatangkan sebagian besar bahan baku dari luar negeri.
• Harga yang diberikan PT Berlina Tbk terhadap harga produknya masih tergantung dari kebijakan perusahaan.
• Kebijakan rekrutmen hanya menggunakan sistem merit. Dimana sistem ini mendasarkan pada kehlian dari calon rekrutmen.
• PT Berlina Tbk hanya melakukan penjualan produk berdasarkan pesanan dari pihak customers.
Kesempatan
• Peningkatan pertumbuhan penduduk dari tahun ke tahun selalu diikuti dengan meningkatnya permintaan akan sebuah produk barang mapun jasa tanpa terkecuali plastik.
• Perkembangan teknologi. Perkembangan dunia teknologi informasi telah menjadikan suatu bentuk daya saing pasar ekonomi.
• Meningkatnya kebutuhan alat-alat rumah tangga yang semakin meningkat akibat perkembangan ekonomi sehingga perusahaan perlu meningkatkan jumlah produksi akan plastik.
Ancaman
• Kondisi politik dalam beberapa tahun terakhir sangat mempengaruhi para investor untuk menanamkan modalnya.
• Kebijakan pemerintah yang telah dikeluarkan sanagt besar pengaruhnya bagi dunia usaha.
• Terdapat banyak pesaing. PT Berlina Tbk memiliki pesaing pada usaha bisnis yang sama.
Strategi SO :
Menggunakan mesin-mesin berteknologi tinggi.
Meningkatkan quota produksi secara bertahap untuk memenuhi permintaan pasar.
Strategi WO :
Melakukan inovasi produk
Mencari bahan baku dari dalam negeri yang lebih murah dan berkualitas.
Strategi ST :
Mengutamakan pelayanan dan kepuasan para pelanggan
Strategi WT :
bekerja sama dengan perusahaan multinasional dan perusahaan nasional sebagai customer tetap
2. Strategi yang direkomendasikan
2.1 Strategi alternatif
Membangun mitra bisnis dengan perusahaan multinasional.
Melakukan Kemajuan di bidang teknologi agar menjadi semakin lebih efektif dan efisien dalam proses proses produksi..
Memilih lokasi perusahaan yang strategis.
Menggunakan sistem yang terkomputerisasi dalam kegiatan produksi.
Melakukan inovasi produk-produk baru
2.2 Rekomendasi strategi
Lokasi PT Berlina Tbk sukup strategis karena berada di daerah industri sehingga transportasi untuk memnuhi bahan baku cukup lancar. Selain itu lokasi ini dipilih berdasarkan beberapa pertimbangan untuk menjamin eksistensi perusahaan. Hal ini dapat ditinjau dari bebrapa faktor antara lain:
Faktor tenaga kerja, faktor transportasi, faktor lingkungan, faktor tenaga listrik, faktor air, dan pengaruh sosial.
Kekuatan
• Lokasi PT. Berlina Tbk yang yang cukup strategis. Karena berada di kawasan industrisehingga transportasi untuk memenuhi bahan baku cukup lancar. Selain itu lokasi ini berdasarkan pertimbangan untuk menjamin eksistensi perusahaan yang ditinjau dari beberapa faktor yaitu faktor tenaga kerja, faktor transportasi, faktor lingkungan, faktor tenaga listrik, air, dan pengaruh sosial.
• Daerah pemasaran PT Berlina Tbk tidak terbatas pada pasar domestic tetapi juga pasar luar negeri karena target pasarnya adalah perusahaan multinasional dan perusahaan nasional.
• PT Berlina Tbk sangat memperhatikan kesejahteraan karyawan. Karena karyawan akan bekerja dengan baik dan akan mempengaruhi produktivitas apabila didukung oleh lingkungan kerja yang baik.
• Mesin dan peralatan yang tersertifikasi. Dimana sebagian besar merupakan buatan luar negeri dan secara umum kondisinya sangat baik karena kualitas dari setiap mesin melewati pemeriksaan (quality inspection) disetiap tahap mesin.
• Laporan Produksi Harian yang Online (Online Daily Production Report-DPR) dan Proses Efisiensi: mesin, bahan baku, produk Blow Moulding dan Proses Mould Maker yang terkomputerisasi. Sistem piranti lunak untuk Akuntansi dan Pabrikasi yang terintegrasi untuk mengoptimalisasi proses usaha dari bagian pembelian dan penjualan ke bagian produksi dan keuangan akuntansi.
Kelemahan
• Dalam proses produksi di PT Berlina Tbk masih mendatangkan sebagian besar bahan baku dari luar negeri.
• Harga yang diberikan PT Berlina Tbk terhadap harga produknya masih tergantung dari kebijakan perusahaan.
• Kebijakan rekrutmen hanya menggunakan sistem merit. Dimana sistem ini mendasarkan pada kehlian dari calon rekrutmen.
• PT Berlina Tbk hanya melakukan penjualan produk berdasarkan pesanan dari pihak customers.
Kesempatan
• Peningkatan pertumbuhan penduduk dari tahun ke tahun selalu diikuti dengan meningkatnya permintaan akan sebuah produk barang mapun jasa tanpa terkecuali plastik.
• Perkembangan teknologi. Perkembangan dunia teknologi informasi telah menjadikan suatu bentuk daya saing pasar ekonomi.
• Meningkatnya kebutuhan alat-alat rumah tangga yang semakin meningkat akibat perkembangan ekonomi sehingga perusahaan perlu meningkatkan jumlah produksi akan plastik.
Ancaman
• Kondisi politik dalam beberapa tahun terakhir sangat mempengaruhi para investor untuk menanamkan modalnya.
• Kebijakan pemerintah yang telah dikeluarkan sanagt besar pengaruhnya bagi dunia usaha.
• Terdapat banyak pesaing. PT Berlina Tbk memiliki pesaing pada usaha bisnis yang sama.
Strategi SO :
Menggunakan mesin-mesin berteknologi tinggi.
Meningkatkan quota produksi secara bertahap untuk memenuhi permintaan pasar.
Strategi WO :
Melakukan inovasi produk
Mencari bahan baku dari dalam negeri yang lebih murah dan berkualitas.
Strategi ST :
Mengutamakan pelayanan dan kepuasan para pelanggan
Strategi WT :
bekerja sama dengan perusahaan multinasional dan perusahaan nasional sebagai customer tetap
2. Strategi yang direkomendasikan
2.1 Strategi alternatif
Membangun mitra bisnis dengan perusahaan multinasional.
Melakukan Kemajuan di bidang teknologi agar menjadi semakin lebih efektif dan efisien dalam proses proses produksi..
Memilih lokasi perusahaan yang strategis.
Menggunakan sistem yang terkomputerisasi dalam kegiatan produksi.
Melakukan inovasi produk-produk baru
2.2 Rekomendasi strategi
Lokasi PT Berlina Tbk sukup strategis karena berada di daerah industri sehingga transportasi untuk memnuhi bahan baku cukup lancar. Selain itu lokasi ini dipilih berdasarkan beberapa pertimbangan untuk menjamin eksistensi perusahaan. Hal ini dapat ditinjau dari bebrapa faktor antara lain:
Faktor tenaga kerja, faktor transportasi, faktor lingkungan, faktor tenaga listrik, faktor air, dan pengaruh sosial.
ANALISIS SWOT PT. TIRTA INVESTAMA (AQUA)
ANALISIS SWOT
Kekuatan
• Kualitas sumber mata air selalu terjaga. Lokasi mata air AQUA senantiasa berada jauh dari pemukiman penduduk. Faktor ini penting dilakukan demi mencegah rembesan limbah pemukiman di sekitar sumber mata air. Kemurnian sumber air AQUA, dijaga dan dilindungi untuk mencegah rembesan air tanah atau air hujan.
• AQUA dapat kokoh berdiri karena budaya perusahaan adalah bersikap toleran, tidak memaksakan kehendak pusat, berbagi kekuasaan dengan eselon bawah dan mempraktikkan desentralisasi.
• Kesuksesan AQUA sangat ditunjang oleh para karyawannya yang mempunyai loyalitas dan dedikasi tinggi serta berpengetahuan luas dan mendalam, baik di bidang masing-masing maupun secara umum.
• Menjadi pelopor kemasan gelas plastik (cup) di dunia sehingga kini menjadi standar industri. AQUA pula yang mempelopori peralihan dari PVC ke PET. Dan AQUA pula yang mempelopori konsep fully integrated manufacturing yang memungkinkan produksi terpadu air minum dan botol kemasannya mulai dari tingkat biji plastik.
• Melakukan aliansi dengan Group DANONE yang merupakan salah satu kelompok perusahaan air minum dalam kemasan terbesar di dunia dan ahli dalam nutrisi. Hal ini berdampak pada peningkatan kualitas produk, market share, dan penerapan teknologi pengemasan air terkini..
Kelemahan
• Adanya produk palsu di pasaran yang menggunakan label AQUA. Oleh karna itu AQUA berkomitmen untuk meminimalkan pemalsuan produknya dengan melakukan pengecekan pasar secara rutin, untuk memastikan bahwa produk yang beredar adalah benar-benar produk AQUA yang memenuhi standar kualitas yang sudah ditentukan.
• Harga produk AQUA sangat ditentukan oleh kebijakan harga yang digunakan oleh perusahaan AQUA yaitu kebijakan harga wholesaler. Antara lain yaitu geographical price quotation dan price adjusted to buyers position.
• Saluran ditribusi terlalu panjang. Dimana hasil produksi dari AQUA kemudian disalurkan ke distributor-distributor, kemudian aqua disalurkan ke retailer dan pada akhirnya sampai ke tangan konsumen.
• Perusahaan AQUA dalam penarikan karyawan masih menggunakan spoil system karena perusahaan pada awal berdiri merupakan perusahaan keluarga. Meskipun kini sudah menggunakan merit system dalam memberikan kesempatan kerja di lingkungan AQUA.
Kesempatan
• Dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk, diharapkan permintaan konsumen akan produk yang dihasilkan oleh perusahaan dapat meningkat. Sehingga perusahaan dapat meningkatkan produksi penjualannya.
• Perkembangan teknologi yang sangat cepat mendorong kemajuan dunia bisnis. Perusahaan yang mempunyai keunggulan dalam hal teknologi tentunya dapat menunjang keadaan produksi yang dihasilkan, mulai dari efektifitas dan efisiensi proses produksi yang dapat dihasilkan.
• Hasil produksi AQUA ditujukan untuk semua kalangan. Mulai dari anak-anak, dewasa, hingga golongan tua. Hal ni dapat dikatakan karena air dibutuhkan oleh semua manusia.
• AQUA memiliki penelitian yang aktif dan usaha pengembangan yang mencari bahan-bahan pengemasan dan cara-cara yang baru untuk menarik konsumen.
• AQUA menggunakan seluruh media untuk promosi iklannya. Seperti product knowledge melalui brosur sederhana. Dan pada even-even olahraga, bus, taxi, dan kendaraan umum lainnya, TV, radio, koran, dam majalah
Ancaman
• Di indonesia, situasi politik setiap tahunnya cukup dapat dikontrol oleh pemerintah, walaupun keadaan politik yang ada tidak begitu stabil. Kondisi politik yang terjadi akan mempengaruhi aktivitas perusahaan.
• Saat ini kondisi perekonomian indonesia masih belum stabil. Hal ini dikarenakan karena laju inflasi yang cukup tinggi dan berfluktuasi.
• AQUA memiliki banyak pesaing. Bahwa saat ini ada begitu banyak perusahaan sejenis yang memproduksi air minum dalam kemasan (AMDK) dengan harga dan kualitas yang dihasilkan bervariasi. Dengan keadaan ini, perusahaan dituntut untuk dapat terus memiliki keunggulan bersaing, sehingga perusahaan akan tetap hidup dan bersaing secara sehat.
• dalam pengolahan sumber air oleh AQUA sangat dipengaruhi oleh kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Hal ini sangat berpengaruh bagi dunia usaha seperti yang dilakukan oleh AQUA. Air adalah salah satu sumber daya alam yang dalam pengolahannya mendapatkan ikut campur tangan pemerintah. Oelh karena itu, kapasitas produksi per detik yang dilakukan oleh kegiatan produksi AMDK harus dalam pengawasan pemerintah. Perusahaan AMDK tidak boleh mengeksploitasi air sesuka hatinya.
Strategi SO :
Meningkatkan kualitas sumber mata air dengan menggunakan teknologi yang tepat.
Dengan karyawan yang loyal dan berdedikasi tinggi akan dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan produksi dan memenuhi pemintaan konsumen.
Bergabung dengan group DANONE untuk penerapan teknologi pengemasan air terkini.
Melakukan penelitian secara aktif untuk menemukan formula dan teknik baru agar selalu menjadi pelopor AMDK
Strategi WO :
Dengan meningkatnya jumlah permintaan akibat pertumbuhan jumlah penduduk harus diantisipasi dengan pemenuhan kuota produksi agar tidak timbul produk palsu.
Hasi produksi dari AQUA harus menggunakan teknologi yang tepat untuk menentukan kebijakan harga.
Menggunakan media promosi untuk meningkatkan brand image dari AQUA untuk menigkatkan daya jual.
Strategi ST :
Dengan budaya perusahaan AQUA yang kokoh akan dapat mengunguli para pesaing.
Bergabung dengan DANONE membuat AQUA menjadi perusahaan yang lebih maju dan kuat.
Mempertahankan budaya perusahaan agar tidak terpengaruhi oleh situasi poitik.
Strategi WT :
Membuat saluran distribusi menjadi lebih efisien agar harga lebih mudah bersaing.
Menghilangkan kebijakan harga wholesaler untuk meningkatkan penjualan di saat ekonomi belum stabil.
Harus merubah system penarikan karyawan dan mengganti kebijakan-kebijakan yang dapat menghambat perusahaan
2. Strategi yang direkomendasikan
2.1 Strategi alternatif
Menjaga sumber air dari kontaminasi bakteri dan virus.
Melakukan Kemajuan di bidang teknologi agar menjadi semakin lebih efektif dan efisien dalam proses proses produksi..
Melakukan program pembinaan yang teratur mengarahkan seluruh jajaran karyawannya untu meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, dan disiplin kerja yang tinggi untuk mendayagunakan kemampuan karyawan.
2.2 Rekomendasi strategi
Sistem produksi untuk produk AQUA diproses dengan teknologi tinggi dan penuh kontrol kualitas di setiap titiknya. Ruang produksi dan mesin-mesin senantiasa disanitasi secara rutin. AQUA menjadi pabrik air mineral pertama yang menerapkan sistem produksi in line, in line system adalah sebuah sistem produksi yang berkesinambungan tanpa proses terputus mulai dari pemprosesan air hingga pemasangan tutup dan segel dengan seminimal mungkin sentuhan tangan manusia. Dengan kata lain, hasil sistem in line ini adalah botol Aqua yang baru dibuat dapat segera diisi air bersih di ujung proses produksi. Selain itu, tersedia laboratorium dengan peralatan terbaru di setiap pabrik yang akan mengkontrol kualitas produk yang dihasilkan. Dengan adanya pemprosesan yang berteknologi tinggi dan laboratorium dengan peralatan lengkap, air terbebas dari bakteri patogen penyebab penyakit.
Kekuatan
• Kualitas sumber mata air selalu terjaga. Lokasi mata air AQUA senantiasa berada jauh dari pemukiman penduduk. Faktor ini penting dilakukan demi mencegah rembesan limbah pemukiman di sekitar sumber mata air. Kemurnian sumber air AQUA, dijaga dan dilindungi untuk mencegah rembesan air tanah atau air hujan.
• AQUA dapat kokoh berdiri karena budaya perusahaan adalah bersikap toleran, tidak memaksakan kehendak pusat, berbagi kekuasaan dengan eselon bawah dan mempraktikkan desentralisasi.
• Kesuksesan AQUA sangat ditunjang oleh para karyawannya yang mempunyai loyalitas dan dedikasi tinggi serta berpengetahuan luas dan mendalam, baik di bidang masing-masing maupun secara umum.
• Menjadi pelopor kemasan gelas plastik (cup) di dunia sehingga kini menjadi standar industri. AQUA pula yang mempelopori peralihan dari PVC ke PET. Dan AQUA pula yang mempelopori konsep fully integrated manufacturing yang memungkinkan produksi terpadu air minum dan botol kemasannya mulai dari tingkat biji plastik.
• Melakukan aliansi dengan Group DANONE yang merupakan salah satu kelompok perusahaan air minum dalam kemasan terbesar di dunia dan ahli dalam nutrisi. Hal ini berdampak pada peningkatan kualitas produk, market share, dan penerapan teknologi pengemasan air terkini..
Kelemahan
• Adanya produk palsu di pasaran yang menggunakan label AQUA. Oleh karna itu AQUA berkomitmen untuk meminimalkan pemalsuan produknya dengan melakukan pengecekan pasar secara rutin, untuk memastikan bahwa produk yang beredar adalah benar-benar produk AQUA yang memenuhi standar kualitas yang sudah ditentukan.
• Harga produk AQUA sangat ditentukan oleh kebijakan harga yang digunakan oleh perusahaan AQUA yaitu kebijakan harga wholesaler. Antara lain yaitu geographical price quotation dan price adjusted to buyers position.
• Saluran ditribusi terlalu panjang. Dimana hasil produksi dari AQUA kemudian disalurkan ke distributor-distributor, kemudian aqua disalurkan ke retailer dan pada akhirnya sampai ke tangan konsumen.
• Perusahaan AQUA dalam penarikan karyawan masih menggunakan spoil system karena perusahaan pada awal berdiri merupakan perusahaan keluarga. Meskipun kini sudah menggunakan merit system dalam memberikan kesempatan kerja di lingkungan AQUA.
Kesempatan
• Dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk, diharapkan permintaan konsumen akan produk yang dihasilkan oleh perusahaan dapat meningkat. Sehingga perusahaan dapat meningkatkan produksi penjualannya.
• Perkembangan teknologi yang sangat cepat mendorong kemajuan dunia bisnis. Perusahaan yang mempunyai keunggulan dalam hal teknologi tentunya dapat menunjang keadaan produksi yang dihasilkan, mulai dari efektifitas dan efisiensi proses produksi yang dapat dihasilkan.
• Hasil produksi AQUA ditujukan untuk semua kalangan. Mulai dari anak-anak, dewasa, hingga golongan tua. Hal ni dapat dikatakan karena air dibutuhkan oleh semua manusia.
• AQUA memiliki penelitian yang aktif dan usaha pengembangan yang mencari bahan-bahan pengemasan dan cara-cara yang baru untuk menarik konsumen.
• AQUA menggunakan seluruh media untuk promosi iklannya. Seperti product knowledge melalui brosur sederhana. Dan pada even-even olahraga, bus, taxi, dan kendaraan umum lainnya, TV, radio, koran, dam majalah
Ancaman
• Di indonesia, situasi politik setiap tahunnya cukup dapat dikontrol oleh pemerintah, walaupun keadaan politik yang ada tidak begitu stabil. Kondisi politik yang terjadi akan mempengaruhi aktivitas perusahaan.
• Saat ini kondisi perekonomian indonesia masih belum stabil. Hal ini dikarenakan karena laju inflasi yang cukup tinggi dan berfluktuasi.
• AQUA memiliki banyak pesaing. Bahwa saat ini ada begitu banyak perusahaan sejenis yang memproduksi air minum dalam kemasan (AMDK) dengan harga dan kualitas yang dihasilkan bervariasi. Dengan keadaan ini, perusahaan dituntut untuk dapat terus memiliki keunggulan bersaing, sehingga perusahaan akan tetap hidup dan bersaing secara sehat.
• dalam pengolahan sumber air oleh AQUA sangat dipengaruhi oleh kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Hal ini sangat berpengaruh bagi dunia usaha seperti yang dilakukan oleh AQUA. Air adalah salah satu sumber daya alam yang dalam pengolahannya mendapatkan ikut campur tangan pemerintah. Oelh karena itu, kapasitas produksi per detik yang dilakukan oleh kegiatan produksi AMDK harus dalam pengawasan pemerintah. Perusahaan AMDK tidak boleh mengeksploitasi air sesuka hatinya.
Strategi SO :
Meningkatkan kualitas sumber mata air dengan menggunakan teknologi yang tepat.
Dengan karyawan yang loyal dan berdedikasi tinggi akan dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan produksi dan memenuhi pemintaan konsumen.
Bergabung dengan group DANONE untuk penerapan teknologi pengemasan air terkini.
Melakukan penelitian secara aktif untuk menemukan formula dan teknik baru agar selalu menjadi pelopor AMDK
Strategi WO :
Dengan meningkatnya jumlah permintaan akibat pertumbuhan jumlah penduduk harus diantisipasi dengan pemenuhan kuota produksi agar tidak timbul produk palsu.
Hasi produksi dari AQUA harus menggunakan teknologi yang tepat untuk menentukan kebijakan harga.
Menggunakan media promosi untuk meningkatkan brand image dari AQUA untuk menigkatkan daya jual.
Strategi ST :
Dengan budaya perusahaan AQUA yang kokoh akan dapat mengunguli para pesaing.
Bergabung dengan DANONE membuat AQUA menjadi perusahaan yang lebih maju dan kuat.
Mempertahankan budaya perusahaan agar tidak terpengaruhi oleh situasi poitik.
Strategi WT :
Membuat saluran distribusi menjadi lebih efisien agar harga lebih mudah bersaing.
Menghilangkan kebijakan harga wholesaler untuk meningkatkan penjualan di saat ekonomi belum stabil.
Harus merubah system penarikan karyawan dan mengganti kebijakan-kebijakan yang dapat menghambat perusahaan
2. Strategi yang direkomendasikan
2.1 Strategi alternatif
Menjaga sumber air dari kontaminasi bakteri dan virus.
Melakukan Kemajuan di bidang teknologi agar menjadi semakin lebih efektif dan efisien dalam proses proses produksi..
Melakukan program pembinaan yang teratur mengarahkan seluruh jajaran karyawannya untu meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, dan disiplin kerja yang tinggi untuk mendayagunakan kemampuan karyawan.
2.2 Rekomendasi strategi
Sistem produksi untuk produk AQUA diproses dengan teknologi tinggi dan penuh kontrol kualitas di setiap titiknya. Ruang produksi dan mesin-mesin senantiasa disanitasi secara rutin. AQUA menjadi pabrik air mineral pertama yang menerapkan sistem produksi in line, in line system adalah sebuah sistem produksi yang berkesinambungan tanpa proses terputus mulai dari pemprosesan air hingga pemasangan tutup dan segel dengan seminimal mungkin sentuhan tangan manusia. Dengan kata lain, hasil sistem in line ini adalah botol Aqua yang baru dibuat dapat segera diisi air bersih di ujung proses produksi. Selain itu, tersedia laboratorium dengan peralatan terbaru di setiap pabrik yang akan mengkontrol kualitas produk yang dihasilkan. Dengan adanya pemprosesan yang berteknologi tinggi dan laboratorium dengan peralatan lengkap, air terbebas dari bakteri patogen penyebab penyakit.
ANALISIS SWOT PG. REJO AGUNG BARU
ANALISIS SWOT
Kekuatan
• PG. Rejo Agung Baru memiliki lokasi yang cukup strategis. Pemilihan lokasi yang strategis bagi suatu organisasi atau badan usaha merupakan suatu hal yang sangat penting, karena ketidaktepatan dalam pemilhan lokasi akan menimbulkan perbedaan dalam mencapai tujuan organisasi yang akan mempengaruhi efisien tidaknya jalan operasi. Pemilihan lokasi berdasarkan pada faktor yaitu dekat dengan bahan baku, transportasi yang cukup lancar, penyediaan tenaga kerja, dan tanah atau iklim yang baik.
• PG. Rejo Agung Baru telah dapat mencapai tujuan yang tepat dalam mengkualifikasikan karyawan berdasarkan tingkat pendidikan terhadap posisi di dalam perusahaan dimana seleksi yang telah dilaksanakan yaitu orang tepat pada tempatnya.
• Kemajuan di bidang teknologi. Dengan kemajuan teknologi yang cukup pesat seperti sekarang ini dapat membawa dampak positif dalam proses produksi sehingga menjadi semakin lebih efektif dan efisien. Semakin efektif dan efisiennya proses produksi maka output yang dihasilkan oleh perusahaan akan semakin besar dengan waktu yang relatif singkat sehingga berpengaruh terhadap profit yang diperoleh perusahaan.
• Kapaasitas produksi 5.500 TCD (ton cane day/ton tebu per hari). Kapasitas produksi yang sangat besar dibandingkan pabrik gula lain di wilayah madiun maupun di wilayah jawa timur.
Kelemahan
• Persaingan dalam perolehan bahan baku tebu di wilayah madiun dan sekitarnya sangatlah ketatoleh karena keresidenan madiun ada 6 pabrik gula yaitu PG. Pagotan, PG. Kanigoro, PG. Rejosari, PG. Poerwodadi, PG. Sudono, PG. Rejo Agung Baru sehingga untuk mendapatkan pasokan tebu perusahaan mendatangkan pasokan tebu dari luar wilayah yaitu Malang, Blitar, Kertosono, Jombang, Dan Sragen. Dengan mendatangkan pasokan tebu dari luar madiun akan menyebabkan biaya transportasi menjadi semakin besar.
• Harga jual hasil produksi gula sangat ditentukan oleh harga pasar sehingga perusahaan tidak dapat menentukan harga jualnya. Dalam hal ini solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menekan harga pokok psoduksi dengan efisiensi biaya dan peningkatan produktifitas gula maupun tebu.
• Pemasaran produk PT. PG Rejo Agung Baru Madiun diambil alih oleh PT. Rajawali Nusindo yang berkedudukan di surabaya. Sedangkan PT. PG Rejo Agung Baru hanya memproduksi saja tanpa mengetahui dimana saja gula yang dihasilkan tersebut dipasarkan.
Kesempatan
• Dengan jumlah penduduk negara indonesia yang cukup besar merupakan peluang dimasa yang akan datang. Semakin banyak penduduk yang dimiliki oleh suatu negara maka akan membuka peluang bagi pemasaran produk suatu perusahaan yang lebih luas. Dengan meningkatnya jumlah penduduk diharapkan pemintaan konsumen atas produk yang dihasilkan oleh perusahaan akan meningkat sehingga ini merupakan peluang bagi PG. Rejo Agung Baru untuk lebih dapat meningkatkan produksi gula putih.
• PT. PG Rejo Agung Baru Madiun untuk meningkatkan kinerja karyawannya mengadakan program pendidikan dan latihan bagi karyawan berdasarkan pada lamanya karyawan tersebut bekerja di perusahaan. Untuk meningkatkan kulaitas SDM dalam suatu perusahaan maka diperlukan adanya program pengembangan sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan yaitu karyawan. Pengembangan karyawan bertujuan untuk meningkatkan kualitas kerja atau kinerja karyawan demi upaya pencapaian tuuan perusahaan.
• Produk gula PG. Rejo Agung Baru dapat dijangkau oleh semua kalangan baik dari kalangan atas, menengah, dan bawah. Konsumen PG. Rejo Agung Baru meliputi pulau jawa khususnya jawa timur.
Ancaman
• Situasi politik dalam suatu negara merupakan faktor penentu kelangsungan hidup suatu perusahaan. Dengan situasi politik yang baik maka akan mendukung kelancaran proses produksi suatu perusahaan. Perubahan situasi politik setiap tahunnya sedikit banyak akan mempengaruhi aktivitas perusahaan.
• Kondisi ekonomi yang sulit akan mempengaruhi kenaikan harga suatu barang terutama bahan baku dan peningkatan biaya operasional perusahaan. Dengan adanya kenaikan harga barang-barang maka akan mendorong terjadinya inflasi yang pada akhirnya berpengaruh terhadap daya beli masyarakat. Semakin lemah daya beli masyarakat maka akan membawa dampak negatif yaitu adanya pengurangan jumlah produksi suatu barang dan berakibat pada pengurangan karyawan.
• Perusahaan memiliki banyak pesaing. Persaingan yang dirasakan dominan oleh perusahaan ini adalah harga dan kualitas produk. Hal ini akan sangat merugikan perusahaan, apalagi pesaing tersebut memiliki kualitas dan ragam yang lebih bagusdan lebih banyak dari yang diproduksi perusahaan.
• Dalam menjalankan proses produksi PG. Rejo Agung Baru sangat dipengaruhi oleh adanya kebijakan peraturan pemerintah. Peran pemerintah melalui berbagai bentuk kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan sangat besar pengaruhnya terhadap kelangsungan dunia usaha seperti halnya usaha PG. Rejo Agung Baru.
Strategi SO :
Dengan hasil produksi yang besar tetap akan dapat diserap karena jumlah penduduk yang besar.
Melakukan program pelatihan bagi karyawan sesuai posisi/jabatannya.
Kemajuan teknologi pengolahan tebu dapat memperbaiki kualitas gula dan semakin diterima semua kalangan.
Strategi WO :
menekan harga pokok produksi dengan efisiensi biaya dan peningkatan produktifitas gula maupun tebu.
Mengkontrol pasokan hasil produksi yang dipasarkan untuk menjaga harga gula di kalangan konsumen.
Strategi ST :
mengkualifikasikan karyawan sesuai pendidikan dapat meningkatkan kinerja perusahaa
Kondisi ekonomi yang sulit dapat diatasi dengan penggunaan teknologi yang dapat mengefisiensi dan menghasilkan profit.
Mengurangi kapasitas produksi disaat kondisi ekonomi sedang sulit
Strategi WT :
Memberikan randemen yang menarik dan pelayanan yang sangant cepat, ramah, dan menyenangkan dalam mengatasi para pesaing.
Memasarkan hasil produksi di saat kondisi ekonomi sedang bagus.
Tetap melaksanakan kebijakan pemerintah yang menharuskan PG fokus memproduksi gula
1. Strategi yang direkomendasikan
1.1 Strategi alternatif
Pemilihan lokasi yang strategis bagi suatu organisasi atau badan usaha.
Melakukan Kemajuan di bidang teknologi agar menjadi semakin lebih efektif dan efisien.
Melakukan program pengembangan dan pelatihan untuk meningkatkan kinerja karyawan
Penggunaan sistem komputerisasi dalam mengolah dan menyimpan data keuangan dan yang bersifat operasional.
1.2 Rekomendasi strategi
PG. Rejo Agung Baru memiliki lokasi yang cukup strategis. Pemilihan lokasi yang strategis bagi suatu organisasi atau badan usaha merupakan suatu hal yang sangat penting, karena ketidaktepatan dalam pemilhan lokasi akan menimbulkan perbedaan dalam mencapai tujuan organisasi yang akan mempengaruhi efisien tidaknya jalan operasi.
Pemilihan lokasi berdasarkan pada faktor yaitu
dekat dengan bahan baku
untuk pemenuhan bahan baku, lokasi pabrik sangat strategis karena lokasi pabrik dekat dengan lahan pertanian tebu. Perusahaan dalam memnuhi kebutuhan bahan baku disamping menanam sendiri juga membeli tebu dari petani sekitarnya.
transportasi yang cukup lancar
karena lokasi pabrik dekat dengan jalan raya maka transportasi mudah dan lancar baik untuk pengangkutan bahan baku (tebu) dari sawah ke perusahaan maupun pengangkutan hasil produksi (gula) ke tempat pemasaran.
penyediaan tenaga kerja, dan
karena perusahaan letaknya berdekatan dengan pedesaan maka untuk memnuhi kebutuhan akan tenaga kerja perusahaan tidak mengalami kesulitan.
tanah atau iklim yang baik.
Lokasi PG. Rejo Agung Baru memiliki iklim yang baik untuk penanaman tebu. Sehingga perusahaan tidak mengalami kesulitan dalam menanam tebu karena didukung oleh iklim yang baik pula.
Kekuatan
• PG. Rejo Agung Baru memiliki lokasi yang cukup strategis. Pemilihan lokasi yang strategis bagi suatu organisasi atau badan usaha merupakan suatu hal yang sangat penting, karena ketidaktepatan dalam pemilhan lokasi akan menimbulkan perbedaan dalam mencapai tujuan organisasi yang akan mempengaruhi efisien tidaknya jalan operasi. Pemilihan lokasi berdasarkan pada faktor yaitu dekat dengan bahan baku, transportasi yang cukup lancar, penyediaan tenaga kerja, dan tanah atau iklim yang baik.
• PG. Rejo Agung Baru telah dapat mencapai tujuan yang tepat dalam mengkualifikasikan karyawan berdasarkan tingkat pendidikan terhadap posisi di dalam perusahaan dimana seleksi yang telah dilaksanakan yaitu orang tepat pada tempatnya.
• Kemajuan di bidang teknologi. Dengan kemajuan teknologi yang cukup pesat seperti sekarang ini dapat membawa dampak positif dalam proses produksi sehingga menjadi semakin lebih efektif dan efisien. Semakin efektif dan efisiennya proses produksi maka output yang dihasilkan oleh perusahaan akan semakin besar dengan waktu yang relatif singkat sehingga berpengaruh terhadap profit yang diperoleh perusahaan.
• Kapaasitas produksi 5.500 TCD (ton cane day/ton tebu per hari). Kapasitas produksi yang sangat besar dibandingkan pabrik gula lain di wilayah madiun maupun di wilayah jawa timur.
Kelemahan
• Persaingan dalam perolehan bahan baku tebu di wilayah madiun dan sekitarnya sangatlah ketatoleh karena keresidenan madiun ada 6 pabrik gula yaitu PG. Pagotan, PG. Kanigoro, PG. Rejosari, PG. Poerwodadi, PG. Sudono, PG. Rejo Agung Baru sehingga untuk mendapatkan pasokan tebu perusahaan mendatangkan pasokan tebu dari luar wilayah yaitu Malang, Blitar, Kertosono, Jombang, Dan Sragen. Dengan mendatangkan pasokan tebu dari luar madiun akan menyebabkan biaya transportasi menjadi semakin besar.
• Harga jual hasil produksi gula sangat ditentukan oleh harga pasar sehingga perusahaan tidak dapat menentukan harga jualnya. Dalam hal ini solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menekan harga pokok psoduksi dengan efisiensi biaya dan peningkatan produktifitas gula maupun tebu.
• Pemasaran produk PT. PG Rejo Agung Baru Madiun diambil alih oleh PT. Rajawali Nusindo yang berkedudukan di surabaya. Sedangkan PT. PG Rejo Agung Baru hanya memproduksi saja tanpa mengetahui dimana saja gula yang dihasilkan tersebut dipasarkan.
Kesempatan
• Dengan jumlah penduduk negara indonesia yang cukup besar merupakan peluang dimasa yang akan datang. Semakin banyak penduduk yang dimiliki oleh suatu negara maka akan membuka peluang bagi pemasaran produk suatu perusahaan yang lebih luas. Dengan meningkatnya jumlah penduduk diharapkan pemintaan konsumen atas produk yang dihasilkan oleh perusahaan akan meningkat sehingga ini merupakan peluang bagi PG. Rejo Agung Baru untuk lebih dapat meningkatkan produksi gula putih.
• PT. PG Rejo Agung Baru Madiun untuk meningkatkan kinerja karyawannya mengadakan program pendidikan dan latihan bagi karyawan berdasarkan pada lamanya karyawan tersebut bekerja di perusahaan. Untuk meningkatkan kulaitas SDM dalam suatu perusahaan maka diperlukan adanya program pengembangan sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan yaitu karyawan. Pengembangan karyawan bertujuan untuk meningkatkan kualitas kerja atau kinerja karyawan demi upaya pencapaian tuuan perusahaan.
• Produk gula PG. Rejo Agung Baru dapat dijangkau oleh semua kalangan baik dari kalangan atas, menengah, dan bawah. Konsumen PG. Rejo Agung Baru meliputi pulau jawa khususnya jawa timur.
Ancaman
• Situasi politik dalam suatu negara merupakan faktor penentu kelangsungan hidup suatu perusahaan. Dengan situasi politik yang baik maka akan mendukung kelancaran proses produksi suatu perusahaan. Perubahan situasi politik setiap tahunnya sedikit banyak akan mempengaruhi aktivitas perusahaan.
• Kondisi ekonomi yang sulit akan mempengaruhi kenaikan harga suatu barang terutama bahan baku dan peningkatan biaya operasional perusahaan. Dengan adanya kenaikan harga barang-barang maka akan mendorong terjadinya inflasi yang pada akhirnya berpengaruh terhadap daya beli masyarakat. Semakin lemah daya beli masyarakat maka akan membawa dampak negatif yaitu adanya pengurangan jumlah produksi suatu barang dan berakibat pada pengurangan karyawan.
• Perusahaan memiliki banyak pesaing. Persaingan yang dirasakan dominan oleh perusahaan ini adalah harga dan kualitas produk. Hal ini akan sangat merugikan perusahaan, apalagi pesaing tersebut memiliki kualitas dan ragam yang lebih bagusdan lebih banyak dari yang diproduksi perusahaan.
• Dalam menjalankan proses produksi PG. Rejo Agung Baru sangat dipengaruhi oleh adanya kebijakan peraturan pemerintah. Peran pemerintah melalui berbagai bentuk kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan sangat besar pengaruhnya terhadap kelangsungan dunia usaha seperti halnya usaha PG. Rejo Agung Baru.
Strategi SO :
Dengan hasil produksi yang besar tetap akan dapat diserap karena jumlah penduduk yang besar.
Melakukan program pelatihan bagi karyawan sesuai posisi/jabatannya.
Kemajuan teknologi pengolahan tebu dapat memperbaiki kualitas gula dan semakin diterima semua kalangan.
Strategi WO :
menekan harga pokok produksi dengan efisiensi biaya dan peningkatan produktifitas gula maupun tebu.
Mengkontrol pasokan hasil produksi yang dipasarkan untuk menjaga harga gula di kalangan konsumen.
Strategi ST :
mengkualifikasikan karyawan sesuai pendidikan dapat meningkatkan kinerja perusahaa
Kondisi ekonomi yang sulit dapat diatasi dengan penggunaan teknologi yang dapat mengefisiensi dan menghasilkan profit.
Mengurangi kapasitas produksi disaat kondisi ekonomi sedang sulit
Strategi WT :
Memberikan randemen yang menarik dan pelayanan yang sangant cepat, ramah, dan menyenangkan dalam mengatasi para pesaing.
Memasarkan hasil produksi di saat kondisi ekonomi sedang bagus.
Tetap melaksanakan kebijakan pemerintah yang menharuskan PG fokus memproduksi gula
1. Strategi yang direkomendasikan
1.1 Strategi alternatif
Pemilihan lokasi yang strategis bagi suatu organisasi atau badan usaha.
Melakukan Kemajuan di bidang teknologi agar menjadi semakin lebih efektif dan efisien.
Melakukan program pengembangan dan pelatihan untuk meningkatkan kinerja karyawan
Penggunaan sistem komputerisasi dalam mengolah dan menyimpan data keuangan dan yang bersifat operasional.
1.2 Rekomendasi strategi
PG. Rejo Agung Baru memiliki lokasi yang cukup strategis. Pemilihan lokasi yang strategis bagi suatu organisasi atau badan usaha merupakan suatu hal yang sangat penting, karena ketidaktepatan dalam pemilhan lokasi akan menimbulkan perbedaan dalam mencapai tujuan organisasi yang akan mempengaruhi efisien tidaknya jalan operasi.
Pemilihan lokasi berdasarkan pada faktor yaitu
dekat dengan bahan baku
untuk pemenuhan bahan baku, lokasi pabrik sangat strategis karena lokasi pabrik dekat dengan lahan pertanian tebu. Perusahaan dalam memnuhi kebutuhan bahan baku disamping menanam sendiri juga membeli tebu dari petani sekitarnya.
transportasi yang cukup lancar
karena lokasi pabrik dekat dengan jalan raya maka transportasi mudah dan lancar baik untuk pengangkutan bahan baku (tebu) dari sawah ke perusahaan maupun pengangkutan hasil produksi (gula) ke tempat pemasaran.
penyediaan tenaga kerja, dan
karena perusahaan letaknya berdekatan dengan pedesaan maka untuk memnuhi kebutuhan akan tenaga kerja perusahaan tidak mengalami kesulitan.
tanah atau iklim yang baik.
Lokasi PG. Rejo Agung Baru memiliki iklim yang baik untuk penanaman tebu. Sehingga perusahaan tidak mengalami kesulitan dalam menanam tebu karena didukung oleh iklim yang baik pula.
ANALISIS SWOT SPLENDID INN HOTEL
ANALISIS SWOT
Kekuatan
• Lokasi Splendid Inn Hotel sangat strategis. Splendid Inn Hotel terletak di jalan Mojopahit 2-4 Malang yang dapat dikatakan amat strategis karena masih tergolong berada di pusat kota dengan lingkungan masih tergolong berada di pusat kota dengan lingkugan yang tidak terlalu bising dan cukup sejuk untuk dipakai sebagai tempat beristirahat.
• Menggunakan sistem permodalan Auto Financing. Hotel Splendid Inn membiayai sendiri seluruh aktifitasnya atau tidak menggunakan jasa kreditur karena keuangan perusahaan masih mampu memenuhi seluruh pembiayaan perusahaan.
• Modernisasi teknologi di perhotelan. Hotel splendid inn juga menyesuaikan diri dengan menambah fasilitas produksinya dengan peralatan yang lebih modern dan lebih praktis.
• Kultur organisasi adalah kekeluargaan. Dimana setiap pengambilan keputusan didasarkan atas kesepakatan keluarga.
Kelemahan
• Sarana promosi hanya advertising. Yaitu berupa papan nama hotel yang terpasang didepan hotel dan selain itu ada juga brosur hotel yang jumlahnya terbatas, dan melalui yellow page yang ada pada buku petunjuk telepon.
• Segmen pasar dari tingkat menengah kebawah. Hotel Splendid Inn hanya menjangkau tamu yang sebagaian besar (75%) terdiri dari tamu asing dengan tujuan pesiar.
• Belum mampu menarik customer secara optimal. Meskipun splendid inn memiliki berbagai kelebihan untuk mendapatkan bagian potensi pasar yang lebih baik dari pangsa pasar yang ada.
Kesempatan
• Faktor sosial yang mendukung. Masyarakat kota malang mempunyai latar belakang pendidikan yang cukup maju sehingga dapat menunjang pesatnya sektor pariwisata khususnya dalam hal menarik turis ke kota malang.
• Keadaan politik indonesia yang stabil. Indonesia menjadi alternatif pilihan tujuan wisata para turis asing karena indonesia mempunyai kestabilan politik yang memadai disamping kekayaan alam dan budaya yang dimiliki.
• Pengembangan pegawai melalui training. Untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan, maka hotel Splendid Inn malang telah banyak mengadakan training sehingga menampakkan hasil yang positif dengan bertamabahnya keterampilan dalam bidangnya masing-masing.
• Sarana obyek wisata yang beraneka ragam. Di malang dan sekitarnya memiliki lokasi wisata alam maupun buatan yang menjadi daya tarik wisata bagi para wisatawan lokal maupun asing sehingga semakin banyak yang menggunakan akomodasi perhotelan.
Ancaman
• Perubahan kebijaksanaan pemerintah. Kabijakan dari pemerintah sangat terasa pengaruhnya bagi dunia perhotelan, seperti tindakan devaluasi terhadap nilai mata uang rupiah akan mempengaruhi tingkat konsumsi konsumen yang akan menginap di hotel.
• Splendid Inn Hotel memiliki banyak pesaing. Dimana di kota malang yang dianggap sebagai pesaing oleh Hotel Splendid Inn adalah hotel montana, Hotel pelangi, dan Hotel Margosuko.
• Sebagian besar wisatawan tidak menggunakan sarana akomodasi berupa hotel. Berdasarkan data dari biro pusat statistik di malang menunjukkan 60% wisatawan tidak menggunakan sarana akomodasi.
2. Strategi yang direkomendasikan
2.1 Strategi alternatif
2.2 Rekomendasi strategi
lokasi splendid inn hotel terletak di jalan mojopahit 2-4 malang. Dapat dikatakan amat strategis karena masih tergolong berada di pusat kota dengan lingkungan yang tidak terlalu bising dan cukup sejuk untuk dipakai sebagai tempat untuk istirahat. Lokasi ini sangat menguntungkan karena pertimbangan transportasi, pertimbangan tenaga kerja, pertimbangan iklim, dan pertimbangan fasilitas lainnya.
Kekuatan
• Lokasi Splendid Inn Hotel sangat strategis. Splendid Inn Hotel terletak di jalan Mojopahit 2-4 Malang yang dapat dikatakan amat strategis karena masih tergolong berada di pusat kota dengan lingkungan masih tergolong berada di pusat kota dengan lingkugan yang tidak terlalu bising dan cukup sejuk untuk dipakai sebagai tempat beristirahat.
• Menggunakan sistem permodalan Auto Financing. Hotel Splendid Inn membiayai sendiri seluruh aktifitasnya atau tidak menggunakan jasa kreditur karena keuangan perusahaan masih mampu memenuhi seluruh pembiayaan perusahaan.
• Modernisasi teknologi di perhotelan. Hotel splendid inn juga menyesuaikan diri dengan menambah fasilitas produksinya dengan peralatan yang lebih modern dan lebih praktis.
• Kultur organisasi adalah kekeluargaan. Dimana setiap pengambilan keputusan didasarkan atas kesepakatan keluarga.
Kelemahan
• Sarana promosi hanya advertising. Yaitu berupa papan nama hotel yang terpasang didepan hotel dan selain itu ada juga brosur hotel yang jumlahnya terbatas, dan melalui yellow page yang ada pada buku petunjuk telepon.
• Segmen pasar dari tingkat menengah kebawah. Hotel Splendid Inn hanya menjangkau tamu yang sebagaian besar (75%) terdiri dari tamu asing dengan tujuan pesiar.
• Belum mampu menarik customer secara optimal. Meskipun splendid inn memiliki berbagai kelebihan untuk mendapatkan bagian potensi pasar yang lebih baik dari pangsa pasar yang ada.
Kesempatan
• Faktor sosial yang mendukung. Masyarakat kota malang mempunyai latar belakang pendidikan yang cukup maju sehingga dapat menunjang pesatnya sektor pariwisata khususnya dalam hal menarik turis ke kota malang.
• Keadaan politik indonesia yang stabil. Indonesia menjadi alternatif pilihan tujuan wisata para turis asing karena indonesia mempunyai kestabilan politik yang memadai disamping kekayaan alam dan budaya yang dimiliki.
• Pengembangan pegawai melalui training. Untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan, maka hotel Splendid Inn malang telah banyak mengadakan training sehingga menampakkan hasil yang positif dengan bertamabahnya keterampilan dalam bidangnya masing-masing.
• Sarana obyek wisata yang beraneka ragam. Di malang dan sekitarnya memiliki lokasi wisata alam maupun buatan yang menjadi daya tarik wisata bagi para wisatawan lokal maupun asing sehingga semakin banyak yang menggunakan akomodasi perhotelan.
Ancaman
• Perubahan kebijaksanaan pemerintah. Kabijakan dari pemerintah sangat terasa pengaruhnya bagi dunia perhotelan, seperti tindakan devaluasi terhadap nilai mata uang rupiah akan mempengaruhi tingkat konsumsi konsumen yang akan menginap di hotel.
• Splendid Inn Hotel memiliki banyak pesaing. Dimana di kota malang yang dianggap sebagai pesaing oleh Hotel Splendid Inn adalah hotel montana, Hotel pelangi, dan Hotel Margosuko.
• Sebagian besar wisatawan tidak menggunakan sarana akomodasi berupa hotel. Berdasarkan data dari biro pusat statistik di malang menunjukkan 60% wisatawan tidak menggunakan sarana akomodasi.
2. Strategi yang direkomendasikan
2.1 Strategi alternatif
- Menjalin kerjasama dengan pihak-pihak travel maupun dinas periwisata.
- Melakukan pengembangan, manambah fasilitas, dan perbaikan hotel.
- Memilih lokasi yang strategis.
- Melakukan promosi secara lebih giat dan kreatif untuk menarik minat konsumen.
- Memberkan pelayanan dan kepuasan kepada tamu hotel.
2.2 Rekomendasi strategi
lokasi splendid inn hotel terletak di jalan mojopahit 2-4 malang. Dapat dikatakan amat strategis karena masih tergolong berada di pusat kota dengan lingkungan yang tidak terlalu bising dan cukup sejuk untuk dipakai sebagai tempat untuk istirahat. Lokasi ini sangat menguntungkan karena pertimbangan transportasi, pertimbangan tenaga kerja, pertimbangan iklim, dan pertimbangan fasilitas lainnya.
Langganan:
Postingan (Atom)